Tempat Wisata Gratis di Sekitar Intramuros

2 Januari 2016.

Jalur Keliling Intramuros (Eng)

Ini rute gw keliling Intramuros

Jam 8:17 selesai check-in di Where2Next Hostel. Awalnya mo naek LRT, tapi gw putusin jalan kaki aja. Seharian niat banget bakal habisin venue di Intramuros. Jarak hostel-Intramuros sekitar 3,5km sekitar 45 menit jalan kaki….tapi kan gw mampir-mampir, ya pasti bakal sampai sore disana.

Kesan pertama melihat jalanan Philippine….”Jakarta is better”….belum juga lama menyusuri Adriatico Street gw nemuin anak masih pulas dijalanan beralas potongan kardus.

Tapi gw sih tetap bisa menikmati, karena gw backpackeran tujuannya memang untuk lihat sifat dan tingkah laku sebuah kota….jadi ga selalu cari yang indah dan bagus.

Gw juga lihat Arabic Kitchen Restaurant……lewat doank tapi….hehehe

Rizal Monument.

Setelah berjalan 1,8 km ke barat laut  Where2Next Hostel gw  sampai di Rizal Park. Tetapi spot turis bukan terletak di tamannya tetapi di Rizal Monument nya, karena ada tentara yang menjaga monument ini sehingga menjadi atraksi tersendiri buat turis.

CIMG1685Dan nilai plus buat gw adalah ada bendera raksasa Philippine di monumen ini. Ya itulah kebiasaan gw saat traveling…..mencari bendera raksasa negara setempat untuk spot foto.

National Museum

Setelah puas di Rizal Monument, gw jalan lagi 1 km menyusuri jalanan Padre Burgos menuju National Museum. Sebelum sampai di National Museum sebetulnya gw lewat Planetarium, tapi karena bukan tujuan, ya gw lewatin aja.

CIMG1703Masuk National Museum ini free. Jadi gw bisa puas-puasin disini. Memang sudah seharusnya kan….venue wajib yang harus dikunjungi di setiap negara adalah museum nasionalnya. Karena gw bisa tahu sejarah bangsa itu.

Ngeles..hahaha…..maklum selain cari bendera, kebiasaan gw adalah mengunjungi tempat wisata gratisan……kalau ditanya kenapa gw begitu…..tinggal gw jawab, uangnya buat beli tiket trip tahun depan…..hahaha.

Manila City Hall

Gw lanjutin jalan 500m ke utara menyusuri Taft Avenue menuju Manila City Hall. Oh ya, walikota Manila bekerja di gedung ini ya gaes. Gw gak lama-lama disini, cuma numpang foto-foto bentar disekitar gedung karena udah ga sabar masuk ke area Intramuros

 

IMG-20160102-WA0014

Intramuros Wall

Selepas meninggalkan Manila City Hall, gw mulai masuk ke gerbang Intramuros. Terlihat jelas,  dinding banteng yang mengelilingi kawasan tua Intramuros. Takjub aja, didalam benteng kota tua Intramuros yang sudah berusia lebih dari 400 tahun dipakai aktivitas pemerintahan dan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Ini adalah salah satu gerbang masuk kawasan Intramuros terdekat dari Manila City Hall. Hanya berjarak 300m menyusuri Victoria Street di sebelah barat Manila City Hall. Di area ini gw sempat ditempel ama Pedicab (becaknya Philipina). Tapi karena gw niatnya jalan kaki ya terpaksa gw tolak terus. Gw biarin sampai si abangnya nyerah ngikutin gw.

CIMG1717

San Agustin Church and Museum.

Gw hanya mengagumi nuansa kental Eropa saja di sekitar gereja, gw ga masuk karena harus bayar lagi untuk melihat isi museum.

CIMG1739

Setelah puas berkeliling, gw mampir 7-Eleven dekat gereja. Cukup keluarin uang 42 peso (Rp. 12.600) gw sudah bisa lunch buat hari pertama di Philippine. Ini rinciannya: 13 peso (Rp. 3.900) buat bayar 500ml mineral water dan makan siang paket nasi dan omlet tuna produksi 7-Eleven Manila seharga 29 peso (Rp. 8.700).

Yang gw perhatikan, di setiap 7-Eleven yang gw kunjungi di Manila ada ada handphone charging station, tapi listriknya dijual 5 Peso (Rp. 1.500) dan juga ada mesin kecil bertuliskan CLiQQ. Gw sih ga tau cara gunainnya tapi setiap pengunjung yang datang selalu ke mesin ini. Kayak semacam pemberian poin untuk pelanggan setianya.

Palacio Del Gobernador Building

Terletek di General Luna Street di Barat Daya Plaza De Rome. Ini adalah bangunan yang digunakan untuk beberapa kantor. Salah satunya adalah Kantor Komisi Pemilihan Umum Philippine dan kantor administrasi wilayah Intramuros.

CIMG1770

 

Cathedral of Manila

Kalo lo di Plaza De Rome menghadap ke Palacio del Gobernador maka Katedral ini ada di sebelah kiri lo.  Yang jelas ini Katedralnya Manila………..klasik yang pasti

CIMG1757

Bureau of Treasury Buliding

Bangunan ini berhadap-hadapan dengan Palacio Del Gobernador dan dipisahkan oleh Plaza De Rome saja. Gedung warna putih memanjang ini adalah kantor pajak dan keuangannya Philippine.

So….Palacio Del Gobernador Building, Cathedral of Manila dan Bureau of Treasury Buliding berada mengelilingi taman yang bernama Plaza De Rome ya gaes.

CIMG1752

Fort Santiago

Dari Plaza De Rome gw lanjut jalan kaki ke Fort Santiago yang jaraknya Cuma 300-an meter. Ya namanya juga Fort…pasti ini bangunan benteng pertahanan kota Manila tempoe doeloe yang dibangun saat kolonial Spanyol berkuasa.

Waktu gw kesana Fort Santiago sedang ada acara hajatan begitu, karena saking ramainya gw ikut-ikutan masuk. Gw udah buat itinerary masuk Fort seharga 80 peso (Rp. 24.000), tapi pas disana gw malah kagak keluar uang sepeserpun keliling Fort ini. Gw susuri Plaza Moriones sepanjang 200m sebelum bener-bener masuk ke Fort Santiago.

CIMG1794

Karena keburu sore dan mulai gerimis gw putuskan pulangnya naik jeepney 10 peso (Rp. 3.000) ke Central Terminal. Gw diturunin abang sopirnya di seberang Taft Ave dan musti menyusuri penyeberangan bawah tanah untuk mencapai Central Terminal. Penyeberangan yang melewati bagian bawah jalan protokol Taft Ave ini sebetulnya boleh dibilang ngeri karena catnya burem dan sepi tetapi gw merasa nyaman saja karena ada 1 orang security ditugaskan menjaga terowongan ini. Bahkan si security disediakan meja kecil dan kursi untuk dia duduk. Lucu liatnya, diterowongan ada satpam….hihihi

Dari Central Terminal gw naik LRT Line 1 (yellow Line) dan  turun di Quirino Ave Terminal dan cukup membayar 12 peso (Rp. 3.600). Baru nyambung naik  pedicab 80 peso (Rp. 24.000) menuju Where2Next Hostel.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s