Yuk Tengok….Senado Square

Perjalananku bersama bus kota No 10A berakhir dengan terlewatnya Halte Bus Kam Pex Community Centre di bilangan Jalan Avenue de Almeida Riberio. Beruntung si pengemudi bus masih mau menurunkanku di sebuah pertigaan dengan pemandangan Hotel Ponte Cais 16 tepat di pusatnya.

Halte Bus Kam Pex Community Centre.

Resepsionis itu sepertinya anak si empunya hotel. Setiap pertanyaan yang kulempar selalu dijawabnya mudah, “Wait sir, I firtly ask to my mom”. Duh, enaknya tuh bocah dapat warisan hotel kelak….Hahaha

Check in pun selesai setelah kuberikan Rp 220.000 untuk mendapatkan kunci kamar Hotel Villa Ka Meng.

Semudah menjetikkan jari, tiba-tiba mataku melihat tulisan halal sebegitu besarnya di depan sebuah rumah makan. Dan terkejutnya, orang Tionghoa adalah si pemilik rumah makan itu. Rumah makan Loulan Islam namanya.

Dengan senyum lebarnya, dia bertanya mau makan apa dan menawarkan menu dengan usaha sebegitu kerasnya. Telunjuk jarinya menari-nari menuliskan berbagai aksara China di udara. Gelak tawaku yang tak tertahan membuat seisi rumah makan tertawa riang. Memendam kantuk yang dari pagi tadi menggelayutiku.

Aku membayarnya sedikit mahal dari standar harga street food yang biasa kuburu. Setidaknya mendapatkan referensi sajian halal di Macau.

Melewati sisi kiri jalan….aku menuju Senado Square yang tinggal selemparan batu. Tapi sebelum benar-benar mencapainya, aku berhenti di sebuah money changer untuk menukarkan Dolar Amerika ke Dolar Macau.

Tukarkan sedikit saja….Sisakan untuk mengeksplore Shenzen.

Akhirnya aku menginjakkan kaki di Senado Square, destinasi kedua di Macau yang kukunjungi.

Keunikan Senado Square adalah motif lantainya yang seolah bergelombang dan identik dengan warna putih hitam. Alun-alun yang penuh dengan turis ini benar-benar menunjukkan bahwa tempat ini merupakan warisan sejarah UNESCO. Tidaklah mengherankan atas keramaian itu.

Bangunan-bangunan klasik yang menghiasi kiri kanan alun-alun itu menjadi sasaran empuk para pemilik kamera untuk mengabadikannya.

St. Dominic’s Church.
Museum bersejarah yang pernah berfungsi sebagai panti asuhan dan klinik kesehatan
Balai kota Macau tempoe doeloe.

Luasnya alun-alun membatasi kemampuanku untuk mengitarinya sekali saja dan kemudian terduduk di salah satu ujungnya lalu berteduh dari sengatan surya yang mulai meninggi.

Turis China: “Malaysian?”. Seorang lelaki setengah baya menyapaku di bawah sebuah pohon yang mengurangi panasnya matahari.

Aku: “Me?….Oh, I’m Indonesian”.

Turis China: “Waaa…Indonesian. Nice country”.

Aku: “Ever go to Indonesia?”.

Turis China: “Yes….Bali, Medan and Batam”.

Aku: “Great….How about Indonesia?”.

Turis China: “I Like….I eat Nasi Padang there. Nice”.

Aku: “Hahaha….Ya ya ya. The most delicious food in the world”.

Turis China: “Ever go to China?

Aku: “Absolutely….I will go to Shenzen after my journey in Macau”.

Turis China: “Ohhoo….Good good. Welcome to my country”.

Aku: “Thanks Sir

Percakapan pun berakhir ketika seorang perempuan yang kuduga istrinya menghampiri dan mengajaknya melanjutkan eksplorasi Senado Square.

Beberapa spot di Senado Square:

Peta zona taxi.
Taxi yang sedang menunggu penumpang.
Geblek….Ngapain juga guwe motoin tuh tempat sampah.
Telepon umum.
Bus kota yang melewati Senado Square.

So….If you go there when in Macau….Just enjoy it.

2 thoughts on “Yuk Tengok….Senado Square

Leave a Reply