Sports Zone Bagian dari Aspire Zone

Meninggalkan Aspire Park di sebelah utara, aku bersiap memasuki sports complex yang membentang di bagian utara hingga ke barat dari Aspire Zone. Cukup luas, sports complex ini didominasi oleh lapangan bola, baik lapangan untuk latihan ataupun lapangan laga resmi.

Private Field No Access”, papan berwarna merah jambu diletakkan di sisi lapangan dan tampak terlihat jelas oleh siapapun yang melewati jalan itu.

Satu dari sepuluh lapangan latihan di kawasan ini.

Menyelinap melalui sisi Aspire Park Childrens Playground, aku leluasa berdiri di sisi lapangan tempat tim nasional sepakbola Qatar berlatih.

Di timur lapangan latihan terdapat Sport Accelerator Building yang merupakan pelopor yang menyatukan bisnis olahraga-olahraga utama di Qatar dalam satu naungan atap. Gedung berkelir selang-seling biru putih ini tampak gagah dengan The Torch Doha menjulang tepat di belakangnya

Sport Accelerator.

Dari sini, aku berpindah ke jalan di sebelah utara. Sejajar dengan jalan tempatku keluar dari Aspire Park. Salah satu sisi jalan langsung menyuguhkan bangunan modern bertajuk Aspire Academy, sebuah sekolah atlet yang cukup terkenal di Qatar dan telah berusia 16 tahun. Semua tampak biru dengan dinding kaca yang lebar dan lengkungan atap yang futuristik. Aku mulai memasuki kawasan Aspire Academy, sebuah sekolah atlet

Football Performance Center milik Aspire Academy.
Football Performance Center milik Aspire Academy.

Aspire Academy dilengkapi dengan Aspire Dome, gedung serbaguna terbesar di Qatar. Sebuah arena yang mampu menyelenggarakan tiga belas cabang olahraga berbeda dalam satu waktu. Dome ini bisa dikondisikan untuk dipakai dalam berbagai cuaca. Di dalamnya juga terdapat lapangan sepak bola ruangan tertutup.

Aspire Dome.

Landmark utama Aspire Zone ada di sebelah tenggara, yaitu Khalifa International Stadium. Sering dipanggil dengan nama National Stadium. Seperti bandara megah negara mereka, gelanggang sepakbola ini juga mencatut nama Emir Qatar, Khalifa bin Hamad Al Thani. Inilah kandang resmi tim nasional sepakbola Qatar dengan empat puluh ribu kapasitas tempat duduk.

Di empui oleh Qatar Football Association, stadion ini adalah saksi dimana Australia dijungkalkan oleh pasukan samurai biru dengan gol tunggal Tadanari Lee pada perhelatan final AFC Asian Cup 2011.

Khalifa International Stadium.
Aku dan Khalifa International Stadium.

Masih di Aspire Zone, melangkah sedikit ke barat stadion, aku lalu berada tepat di bawah sebuah hotel setinggi 300 meter. Sering disebut dengan panggilan Aspire Tower, walaupun nama resminya adalah The Torch Doha.

Adalah buah karya konsultan arsitektur dari Perancis, inilah bangunan yang saat ini masih menjadi yang tertinggi di Doha. Hotel tiga puluh enam lantai ini telah menyumbang jasanya untuk Qatar sebagai focal point pada perhelatan Asian Games ke-15.

The Torch Doha.

Dan tepat di tenggara The Torch Doha terletaklah Aspire Mosque yang biasa digunakan untuk beribadah oleh para pengunjung.

Aspire Mosque.

Masjid itulah titik akhir perjalananku di Sports Zone. Bagaimana, keren kan Aspire Zone?

Yuk kita masuk ke Villaggio Mall….Deket banget kok, jalan kaki sedikit lagi.

2 thoughts on “Sports Zone Bagian dari Aspire Zone

Leave a Reply