Airport Bus dari Bandaranaike International Airport ke Colombo Central Bus Stand

Kedatanganku di Colombo, Sri Lanka dimulai dengan aktivitas toilet yang aneh. Penjaga toilet itu menyapaku “Indonesii?”, memencetkan tombol flush di urinoirku dan memberikan tiga lembar tissue di depan wastafel dan akhirnya di pintu toilet Dia memintaiku uang untuk makan katanya. Aku tak punya Sri Lankan Rupee (LKR) pagi itu karena Aku belum menukar USD. Aku mohon maaf dan meninggalkannya.

Tak ada masalah berarti melewati konter imigrasi karena Aku memiliki e-Visa, tiket keluar Sri Lanka dan reservasi dormitory.

Aku segera menukarkan USD….sedikit masalah. Kata staff money changer minimal penukaran 100 USD. Tak menyerah menanyakan satu persatu money changer, sampai akhirnya Aku bisa menukarkan 50 USD di money changer milik Sampath Bank .

Kiri: Sampath Bank money changer di Bandaranaike International Airport.

Kanan: Kios Mobitel milik Sri Lanka Telecom

Aku memang sedikit gila, uang segitu nanti masih akan bersisa 25 USD di akhir petualanganku di Colombo. Aku menukar kembali sisa LKR ke USD di money changer di tengah kota.

Berbekal 8.830 LKR, spending pertamaku adalah SimCard Mobitel 4 GB keluaran Sri Lanka Telecom seharga 960 LKR.

Setelah menunggu hampir 2 jam hingga pagi menjelang terang, kuputuskan menuju pusat kota. Aku meninggalkan arrival hall untuk menangkap airport bus pertama. Keluar menyusuri koridor , Aku sedikit nervous dalam kesendirianku, tapi Aku cuma berujar di hati “hi man, Kamu sudah sampai….so mau ngapain lagi kalau ga explore”.

Gumamku terhenti ketika Aku menghadap ke seorang tentara penjaga bandara dan menanyakan letak airport bus shelter. Aku sudah tau jawabannya, pasti suruh belok kiri dari pintu keluar dan bus ada di ujung. Tuh….bener kan doi ngomong begitu. (Aku tahu karena pernah googling, Aku menanya hanya untuk afirmasi). Aku makin PeDe melangkah ke kiri dari pintu keluar.

Yess, sudah diujung nih….bus mana bus ?, kok banyak Toyota Hiace diparkiran. Seseorang menghampiriku. “Where are you going, Sir”…..Kubilang mau ke Pantai Galle Face (Hostelku dekat situ gaes). Intinya dia bilang disini tak ada airport bus dan dia menawarkan jasa seharga 6.000 Rupee menuju Galle Face dengan Hiace nya. Yah pastilah Aku gak mampu bayar….yeeee. Kubilang baik-baik bahwa Aku backpacker dan tak punya uang sebanyak itu.  Aku hanya minta tolong untuk diberitahu dimana letak airpot bus shelter….doi luluh dan akhirnya memberitahuku….ternyata bus itu ada di sebelah kanan pintu keluar #tepokjidatnih

Kiri atas : Sign menuju airportbus shelter . Kanan atas : Airport bus shelter

Kanan bawah: Tiket airport bus seharga 150 LKR.

Kiri Bawah: Suasana di dalam airport bus

Tak menunggu lama, Aku segera naik. 15 menit kemudian bus meninggalkan airport. Mataku tak bisa terpejam karena tertegun menikmati pemandangan jalanan pagi Colombo. Bus kemudian merangsek ke jalan tol, matahari pagi menembus kaca bus dengan hangat, membantuku menahan dinginnya AC bus. Bus berukuran sedang itu melaju pelan seakan memamerkan orisinalitas kota Colombo….Ahhh, Aku tak sabar sampai di tengah kota.

40 menit kemudian, bus mulai masuk ke Colombo Central Bus Stand. Aku tak mau berlama-lama di terminal sentral ini. Kelamaan disini berarti harus siap dikerubuti taxi-er dan tuk tuk-er. Berbekal informasi dari situs pariwisata Srilanka. Begitu turun bus, Aku langsung menghindar dari niat mereka mengerumuniku. Ku bilang aja: ” I’m sorry, I am looking for bus no 100”. Aku menyeberangi jalan arteri di depan terminal lalu belok ke kanan sekitar 500 meter. Dan benar saja, Aku melihatnya. Berlari kecil mengejarnya dan hupp….aku lompat lewat pintu belakang

Kiri Atas :City bus no 100 ke Galle Face. Kanan Atas: Suasanan dalam bus

Kanan Bawah: Halte bus terdekat dari Hostel at Galle Face

Kiri Bawah: Suasana di jalan arteri sekitar Colombo Central Bus Stand

Aku mulai merasa asing, wajah Asia Tenggara berada dikerumunan wajah Asia Selatan. Berdiri berdesakan didalam bus yang tak jauh beda dengan Kopaja Ibu Kota. Hanya butuh 14 menit untuk sampai di Galle Face dan berjalan sejauh 200 meter dari halte bus, Aku menemukan hostelku

Okay…..Akan kuajak Kamu melihat Sri Lanka…yukkks gaes!

8 thoughts on “Airport Bus dari Bandaranaike International Airport ke Colombo Central Bus Stand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s