Tan Son Nhat, Viet Jet dan Noi Bai

Akan kuceritakan bagaimana 8 jam menjelajah Ho Chi Minh. Kota dengan 4 juta kendaraan bermotor dan cuaca panas serta menyimpan sejarah perjuangan gerilyawan Vietkong dengan terowongan bawah tanahnya.

Sejenak Aku akan bercerita bagaimana berdebarnya hati menjelang mengudara bersama Viet Jet. Kenapa ya kira-kira?

Ya….Saat itu Viet Jet lagi heboh-hebohnya memperagakan demo keselamatan penerbangan oleh para pamugari berbikininya. Tapi ternyata peragaan itu tidak terjadi malam itu….Penumpang kecewa….hahaha.

Sepulang dari Cu Chi Tunnel….Jam 18:27 di sebuah jalan, aku mulai menawar harga taxi menuju Tan Son Nhat Airport….Ya, taxi di sana lebih suka tawar menawar daripada memakai argometer. Karenanya bagi yang ga tega menawar bakalan over budget ya kalau berwisata kesana.

Deal 30.000 Dong Vietnam (VND), Taxi mengantarkanku dan teman-teman ke airport dalam 25 menit. Diturunkan di depan departure hall.

Tan Son Nhat Entrance Gate

departure gate

Masih jam 18:48, sedangkan boarding timeku jam 22:00. Lebih baik keluar dari bandara untuk mencari yang murah daripada kemahalan dinner di bandara.

Menyeberang jalan Truong Son dengan cepat karena lampu merah menyala singkat. Kupikir semuanya OK, ternyata temanku “si Gendut” tarik-tarikan tas selempang dengan 2 pencopet bermotor….Aku tahu tas itu berisi paspor dan sejumlah VND. Beruntung kedua pencopet menyerah dan melepaskannya.

Restaurant near Tan Son Nhat

pemilik warung makan

Kembali ke bandara dan duduk lesehan menunggu check-in. Aku melihat beberapa calon penumpang berdebat kencang dengan ground staff….entah ketinggalan atau delay….

Departure Hall Tan Son Nhat

Departure Hall berjubel penumpang didepan mataku.

Selesai check-in masuklah ke bagian pemeriksaan. Penumpang lokal menunjukkan tiket dan ID card sedangkan turis menunjukkan tiket dan paspor. Tentara pemeriksa melihat lekat wajahku sambil mencocokkan dengan foto di paspor. Deg-degan sih….tapi santai saja, terpenting Aku mengikuti prosedur.

Setelahnya masuk Gate 16 menunggu Viet Jet datang. Sambil menunggu, aktivitas yang bisa kulakukan adalah iseng ngitungin penumpang lokal sembari nglihatin tingkah laku para Vietnamese. Bahkan temanku bicarain si Vietnam cantik yang diduduk didepan bangku….kayaknya dia ngerti sedang dibicarakan, senyam-senyum manis menatap kita….wkwkwk

Anggi and Boarding Gate

Si Anggi di Gate..sstt masih single tuh!!!

Backpack and Ticket

Keliling Singapore, Kamboja dan Vietnam dengan tas sekecil itu

Tepat jam 22:00 mulai boarding. Mulailah terlihat sifat asli mereka. Kaki penumpang belakang nongol di sela sela kursiku, pada asik wa-an ketika ada perintah mematikan alat elektronik, dan juga kaki naik ke atas kursi ketika take-off…..asiikkkk, hebat-hebat nih orang….hihihi

Kukira pilotnya bule seperti yang terpampang di web maskapai tapi ternyata keduanya pilot lokal….agak khawatir….berdoá ajalah.

Bersyukur, penerbangan 2 jam itu mulus tanpa turbulensi dan mendarat baik di Noi Bai.

Viet Jet at Noi Bai

Gerimis dan senyum kedinginan saat turun pesawat

Aku sengaja terbang malam supaya bisa tidur di Noi Bai International Airport sampai pagi….Biasa hemat budget penginapan. Pengalaman tidur disana kuceritakan nanti saja ya…..Yang jelas Noi Bai lah perlindungan terbaik malam itu dari suhu 8 derajat Celcius di luar.

Thanks Viet Jet dan Noi Bai…..

15 thoughts on “Tan Son Nhat, Viet Jet dan Noi Bai

    • Nah it mbak Sita……Aki sih ga begitu khawatir sama Vietnam Dong nya….khawatir paspornya ilang aja…..kalau ilang, malam itu pasti ga jadi terbang ke Hanoi Dan pasti kehilangan penerbangan selanjutnya pulang kampung……hihihi.

      Like

    • Hi Intan… thanks sdh menyempatkan waktu membaca sebagian kecil dari cerita-cerita seorang backpacker macam Saya. Yang suka tidur di Bandara bahkan terminal bus hanya demi melihat kayanya budaya dunia….nantikan kisahku di artikel yang lain ya….Sama halnya dengan Intan yang menjelajah Nusantara.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s