Mengenal Alun-Alun Cilacap, Indonesia

Di Indonesia, Alun-Alun selalu identik dengan pusat kota dan kantor pemerintahan dan biasanya akan menjadi landmark bagi daerah yang bersangkutan.

Begitu pula dengan Alun-Alun Cilacap. Saya akan membedah apa saja yang ada di Alun-Alun ini.

Datanglah pada malam hari untuk menangkap keindahan Alun-Alun Cilacap.

1. Tugu Nelayan 

Tugu ini menampakkan patung pasangan suami istri nelayan yang sedang mengangkat bunga wijayakusuma. Terletak tepat di depan pelataran Alun-Alun. Pada malam hari, air mancur pada tugu ini akan memendarkan berbagai warna secara bergantian sehingga kita bisa menikmati paduan keindahannya dari sisi pelataran Alun-Alun.

Air Mancur

Tugu ini terlatak di jalan protokol  yaitu Jalan Jenderal Sudirman dan menjadi pusat dari persimpangan 3 arah. Saat malam minggu tiba, arus lalu lintas yang melewati tugu ini akan ditutup dan akan menjadi tempat wisata malam untuk masyarakat Cilacap.

2. Masjid Jami’ Darussalam

Hal yang terlihat menarik dari masjid jami’ ini adalah pada menara masjidnya. Seperti di air mancur Tugu Nelayan, menara masjid jami’  ini juga akan memancarkan berbagai warna yang sangat harmonis dengan warna pada air mancur Tugu Nelayan.

Terletak di sebelah barat Alun-Alun dan diapit oleh 2 jalan utama yaitu Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Masjid.

Masjid Jamie

Ruangan bagian bawah pada menara masjid ini bahkan menjadi sebuah stasiun radio yaitu 107.2 Radio Da’wah Daarussalaam FM Cilacap.

3. Kantor Bupati Cilacap

Dimana ada alun-alun maka disitulah letak kantor pemerintahan berada. Terletak di sebelah utara alun-alun, Kantor Bupati ini memiliki gerbang dan halaman yang luas sebelum benar-benar memasuki bangunan utama kantor.

Kantor Bupati

3. Lembaga Pemasyarakatan Cilacap

Terletak di Jalan Mataram 1, Bangunan ini adalah Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB yang berkapasitas maksimal 500 narapidana.

Lapas Cilacap

Pada malam hari terlihat Lembaga Pemasyarakatan ini sangat sunyi dan terkesan ngeri saja ketika lama-lama berada di depannya.

4. Kejaksaan Negeri Cilacap

Saya terlewat untuk memotret obyek ini karena saya fikir sudah tidak ada lagi bangunan di alun-alun setelah memotret Lembaga Pemasyarakatan. Bangunan Kejaksaan sendiri diapit oleh Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Mataram 1, tepat di ujung depan sebelah kanan alun-alun.

5. Air Mancur 

Terletak di seberang Jalan Jenderal Sudirman tepat di depan pelataran Alun-Alun. Air mancur ini terdapat didalam sebuah taman di belakang papan nama CILACAP BERCAHAYA.

Air Mancur Warna

Pergantian warna di air mancur ini membuat taman terlihat sangat indah.

Nah….Kalau Kamu ke Cilacap, berkunjunglah ke Alun-Alunnya untuk berwisata kuliner dan menikmati pesta cahaya di sekitarnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s