Menekan Biaya Logistik dalam Pembangunan Ekonomi

Armada dalam bisnis logistik (sumber: https://ljrlogistics.com/)

Data dari Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa sistem logistik di Indonesia masih tertinggal dari Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Singapura. Angka persentase biaya logistik pengiriman barang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia mencapai 24%, masih lebih tinggi dibandingkan dengan Malaysia (13%), Vietnam (20%), Thailand (15%), dan Singapura (8%). Data ini tentu harus ditanggapi dengan serius karena angka tersebut akan menjadi pertimbangan investor yang akan berinvestasi di Indonesia.

Biaya logistik yang tinggi ini kemudian membuat peringkat Logistic Performance Index (LPI) Indonesia menjadi rendah, yaitu di posisi 46 di dunia, juga masih kalah dari Malaysia (41), Vietnam (39), Thailand (32), dan Singapura (7). LPI merupakan indeks pembanding sistem logistik secara global yang dibuat oleh Bank Dunia. Indeks ini berguna untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang logistik serta perdagangan suatu negara.

Pemeringkatan LPI didasarkan pada enam aspek yaitu, efisiensi customs & border management clearance, kualitas infrastruktur perdagangan dan transportasi, kemudahan pengaturan pengiriman internasional, kompetensi dan kualitas jasa logistik, kemampuan melakukan tracking & tracing, dan frekuensi pengiriman tepat waktu.

Khusus aspek infrastruktur perdagangan dan transportasi, pemerintah saat ini menerapkan dua strategi utama untuk mengurangi biaya logistik. Pertama, pemerintah sedang mengebut pembangunan infrastruktur di berbagai daerah untuk mempercepat konektivitas barang dan jasa. Kedua, pemerintah juga berupaya keras untuk memperbaiki jaringan distribusi.

Saat ini pembangunan infrastruktur difokuskan pada tiga hal, yaitu infrastruktur pelayanan dasar, infrastruktur ekonomi dan infrastruktur perkotaan. Sedangkan pembangunan infrastruktur ekonomi sendiri berfokus pada pembangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan ekonomi. Demi mengejar semua ketertinggalan tersebut maka pemerintah banyak membangun fasilitas pada bidang transportasi.

Dengan hadirnya infrastruktur pendukung yang ideal tentu akan memudahkan aliran arus barang dari dan ke dalam negeri. Selain itu, infrastruktur pendukung juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

Infrastuktur adalah faktor non ekonomi yang sangat mendukung dan mempengaruhi jalannya roda pembangunan. Sedangkan infrastruktur sendiri merujuk pada sistem fisik yang menyediakan jalan, transportasi, telekomunikasi, bangunan gedung dan fasilitas publik lainnya.

Infrastruktur berperan dalam rantai logistik sebagai media penyaluran hasil produksi. Infrastruktur merupakan pilar yang menentukan kelancaran arus barang, jasa, manusia, uang dan informasi dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Apabila kualitas infrastruktur jalan di suatu daerah buruk tentu akan mengakibatkan kenaikan biaya transportasi sehingga menurunkan daya saing produk dari daerah tersebut dibanding produk daerah yang lain.

Sebagai contoh, mahalnya biaya transportasi ditambah dengan panjangnya rantai distribusi daging sapi lokal dari timur Indonesia ke sentra pemasaran di pulau Jawa telah melambungkan harga komoditi tersebut ke titik yang terlalu mahal untuk bersaing dengan daging sapi impor. Di lain kasus, mengimpor buah jeruk dari Tiongkok ke Pulau Jawa ternyata lebih murah dibandingkan dengan mengirimkan jeruk Pontianak dari Kalimantan. Hal ini menyimpulkan bahwa buruknya kulitas infrastruktur di suatu daerah membuat biaya transportasi menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki infrastruktur jalan yang baik.

Ongkos pengangkutan merupakan salah satu unsur biaya produksi untuk menjamin sampainya ketersediaan barang yang diperjualbelikan di pasar. Oleh karena itu, adanya ongkos angkutan yang murah akan membuat biaya produksi dan harga jual yang lebih rendah pula. Dengan harga jual yang rendah maka akan memberikan dampak positif seperti bertambahnya kemampuan daya saing dari industri yang bersangkutan dalam menghasilkan dan memasarkan hasil produksinya, bertambahnya radius pelayanan pasar atas hasil produksi sebuah industri sehingga akan menambah luas dan jangkauan pasar.

Pertumbuhan aktivitas ekspedisi Indonesia yang sangat tinggi dalam satu dekade terakhir membuat optimalisasi angkutan barang menjadi sesuatu yang harus diprioritaskan. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah membangun jaringan moda transportasi yang terintegrasi antara angkutan jalan, laut, udara, kereta api dan dry-port. Selain itu juga perlu dibangun terminal terpadu dan fasilitas pelayanan alihmoda untuk perpindahan barang secara cepat.  

Di tengah populernya moda angkutan jalan raya sebagai pilihan utama dalam sistem logistik nasional, pemerintah saat ini juga berusaha meningkatkan daya kompetitif moda angkutan kapal laut dan kereta api sebagai pilihan alternatif dalam rantai pengangkutan logisitik. Walaupun saat ini para pelaku dunia usaha masih menganggap bahwa tarif kedua moda angkutan tersebut tetap lebih mahal dibandingkan dengan moda angkutan truk.

Bahkan untuk menarik dunia usaha menggunakan moda angkutan kapal laut dan kereta api, pemerintah didorong oleh banyak kalangan untuk memberikan insentif kepada kedua moda angkutan tersebut supaya struktur biaya logistik menjadi lebih murah daripada truk dengan tidak mengabaikan kualitas layanannya.

Dari semua usaha yang dilakukan pemerintah tersebut menunjukkan bahwa untuk membentuk sistem logistik nasional yang baik maka rantai distribusi logistik harus bisa dieksekusi melalui berbagai moda angkutan secara bersamaan, yaitu darat, laut dan udara.

Logistik dalam Perspektif Perusahaan

Dalam era persaingan bisnis yang semakin kompetitif, kecepatan waktu dan ketepatan dalam memenuhi permintaan pelanggan menjadi prioritas utama yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha. Keputusan dan tindakan yang tepat dalam memilih jalur pendistribusian barang akan membuka peluang yang besar bagi perkembangan setiap lini bisnis.

Pengiriman barang yang cepat, aman dan dengan harga yang terjangkau adalah kebutuhan setiap bisnis saat ini. Tak terkecuali untuk para pelaku usaha khususnya di bidang distributor.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa kinerja sebuah perusahaan bisa digambarkan dari rantai logistiknya. Tidak sedikit perusahaan besar mengalami keterpurukan karena manajemen persediaan logistik dan pemasaran produknya tidak didukung oleh manajemen logistik yang mumpuni. Dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa manajemen logistik adalah hal yang sangat krusial dalam aktivitas sebuah perusahaan.

Oleh karena itu peran sektor logistik menjadi sangat penting untuk menjawab tantangan tersebut. Sektor logistik tentu memainkan peranan penting dalam kelancaran arus barang dalam kegiatan ekonomi.

Sektor logistics Indonesia yang kini dipenuhi dengan jasa logistik telah membuat setiap pelaku usaha lebih selektif dalam menentukan partner yang dapat diandalkan untuk menangani aktivitas logistik dan distribusinya. Bukan hanya dari sisi seberapa kompetitif besaran biaya yang dapat ditekan, namun juga dari sisi seberapa baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang dapat diterima.

Para pelaku usaha tentu memiliki concern yang tinggi dalam memilih jasa transportasi dan logistik karena banyaknya proses yang harus dilewati dalam aktivitas pengiriman logistik. Proses yang panjang dan memerlukan kehati-hatian itu dimulai dari penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengepakan, pengukuran, penimbangan, penyelesaian dokumen, penerbitan dokumen angkutan, perhitungan biaya angkutan, klaim asuransi atas pengiriman barang, serta penyelesaian tagihan dan biaya lainnya yang berkenaan dengan proses pengiriman logistik tersebut hingga diterima oleh pelanggan.

Produsen elektronik, farmasi, apparel, food and beverages, kosmetik dan otomotif adalah beberapa pelaku usaha yang membutuhkan jasa pengiriman barang dan logistik dalam frekuensi yang cukup tinggi untuk memasarkan produknya.

Sukses Bersama PT. Lestari Jaya Raya

Terkait dengan jasa pengiriman barang dan logistik maka terdapat entitas jasa logistics terpercaya pasti aman dan efisien dan bisa dijadikan rujukan untuk bekerjasama. Entitas itu bernama PT. LESTARI JAYA RAYA yang sudah menjalankan bisnis distribusi sejak tahun 1998. Perusahaan ini berkedudukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Pada mulanya area pelayanan pengiriman pertama adalah wilayah timur Indonesia yang mencakup daerah Sulawesi, Maluku dan Papua. Tetapi kini LJR sudah memperluas wilayahnya ke berbagai daerah di Indonesia. Walaupun bermula dari timur Indonesia kini LJR Logistics telah menjadi pelaku penting binis ekspedisi Jabodetabek.

Mengapa harus LJR Logistics?

PT. Lestari Jaya Raya bisa menjadi prioritas utama untuk dijadikan partner yang bisa mensupport rangkaian aktivitas logistik dan distribusi karena memiliki jaringan yang luas dan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terpadu dan unggul. LJR Logistics berkomitmen untuk memberikan jasa pengiriman lebih cepat karena jangkauan wilayah operasi yang luas serta armada pengirimannya menggunakan tiga akses utama yaitu darat, laut dan udara. Pelayanan yang diberikan LJR Logistics bersifat lengkap, cepat dan responsif sehingga memudahkan setiap pelaku usaha dalam mengirim bahan baku atau produknya.

PT Lestari Jaya Raya bahkan terus berupaya untuk meningkatkan performa melalui pembaharuan teknologi yang terintegrasi sesuai tuntutan di era Industri 4.0. LJR Logistics bahkan mengembangkan  aplikasi Android yang dapat mengakses informasi seputar biaya pengiriman, posisi atau status barang dalam proses pengiriman hingga riwayat pengiriman yang telah diproses. Aplikasi ini juga memungkinkan setiap pelanggannya terhubung dengan website yang dirancang khusus sebagai bank data untuk mengontrol, menyimpan dan menyediakan informasi dari setiap aktivitas pengiriman barang yang dilakukan.

Aplikasi Android yang dimiliki oleh LJR Logistics

Dalam hal ini, LJR Logistics juga melengkapi setiap armadanya dengan sistem GPS yang modern sehingga keamanan dan pengontrolannya bisa dijalankan secara maksimal. Hal ini tentu menjadi salah satu dasar kepercayaan dari para mitra bisnis LJR Logistics dalam mendistribusikan produk mereka.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan jasa LJR Logistics:

1. Garansi 100%

Ini yang membedakan LJR Logistics dengan layanan kargo lainnya. LJR Logistics memberikan jaminan ganti rugi hingga 100% apabila ada kerusakan atau kehilangan barang yang bukan termasuk  force mejaure.

2. Harga yang terjangkau

LJR Logistics selalu memberikan pelayanan yang profesional dengan harga yang kompetitif untuk kenyamanan setiap mitranya.

3. Door to Door Service

Setiap mitra LJR Logistics tidak perlu mengkhawatirkan berapapun jumlah kargonya karena LJR Logistics menyediakan layanan penjemputan barang dan pengantaran hingga ke titik alamat tujuan.

4. Cakupan luas

Jangkauan pengiriman LJR Logistics sangat luas hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

5. Aman dan terpercaya

LJR Logistics akan memberikan prioritas utama atas barang-barang yang dipercayakan. Proses packing di LJR Logistics dilakukan dengan sangat profesional dan memenuhi standard.

6. Tracking melalui handphone

Dimanapun mitra LJR Logistic berada dipastikan bisa mengecek status pengiriman barang melalui website atau aplikasi Android yang bisa didownload di play store (LJR Logistics).

7. Professional Customer Supportif

Pelayanan yang unggul adalah prioritas utama bagi LJR Logistics. Didukung oleh tim Customer Support yang handal, dedikatif dan profesional, LJR Logistics siap melayani mitranya setiap saat dengan standarisasi pelayanan yang ramah, cepat dan tanggap.

Pergudangan: Kunci Kesuksesan Distribusi

Gudang memegang peranan penting dalam meminimalkan biaya pengiriman. Untuk mengoptimalkan pengiriman sebuah produk maka setiap perusahaan memerlukan gudang sebagai pusat distribusi. Pusat distribusi yang strategis akan memungkinkan perusahaan menyimpan produknya untuk sementara waktu. Kemudian perusahaan akan mengirimkan produknya ke pelanggan pada waktu yang tepat dengan jumlah pengiriman yang optimal.

Atau sebaliknya, gudang juga berfungsi sebagai tempat untuk memecah barang yang datang dalam jumlah besar dari perusahaan pengirim untuk kemudian akan dikirimkan oleh jasa logistik dalam beberapa pengiriman kecil untuk mengefisienkan biaya pengiriman.

Keberadaan gudang juga memungkinkan sebuah jasa logistik membantu kliennya untuk mengombinasikan beberapa produk yang akan dikirim ke pelanggan. Hal ini dikarenakan sebuah perusahaan memproduksi beberapa komponen produk di pabrik yang berbeda-beda.

Kebutuhan gudang dalam aktivitas logistik semakin meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan geliat pembangunan yang semakin merata di seluruh wilayah Indonesia. Pergudangan memainkan peranan penting dalam memenangkan persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat. Oleh karenanya kebutuhan akan gudang menjadi sebuah hal yang krusial dalam sebuah perusahaan.

Terlebih untuk wilayah Jabodetabek yang memiliki dinamika ekonomi yang tinggi setiap tahunnya. Dinamika inilah yang kemudian menumbuhkan 180.000 meter persegi gudang baru di tahun 2019. Bahkan diprediksi hingga akhir 2021, perekonomian di Jabodetabek akan membutuhkan 800.000 meter persegi gudang baru.

Merespon kebutuhan mendasar tersebut, maka LJR Logistics selain berfokus pada jasa ekspedisi juga juga menyediakan jasa sewa gudang Jabodetabek untuk mentupi kebutuhan pergudangan di kawasan Jabodetabek.

Gudang LJR Logistics (Sumber: https://ljrlogistics.com/)

Layanan pergudangan dari LJR Logistics ditujukan untuk membantu dalam meningkatkan kecepatan, efisiensi dan fleksibilitas yang lebih baik dalam rantai logistik pelanggannya. Dengan luas gudang lebih dari 4.000 meter persegi, memungkinkan LJR Logistics untuk membantu pelanggannya dalam mengkoordinasikan rantai distribusi produk. Manajemen pergudangan yang baik akan membantu setiap pelanggannya untuk mengatur kapan barang harus disimpan dan kapan saat yang tepat untuk dikirim. Tentu hal ini akan membantu setiap pelanggan untuk mengefisienkan biaya pengiriman.

Pengalaman yang baik dari LJR Logistics talah membuatnya konsisten dalam mengembangkan segala bentuk jasa dalam rantai distribusi logistik di Indonesia. Saat ini LJR Logistics memiliki enam layanan utama, yaitu air freight service, sea freight service, land freight service, packing and moving, warehousing dan special handlings shipment.

Jadi, apakah Anda memiliki kebutuhan pengiriman barang dan logistics?…..Berdasarkan data dan pengalaman LJR Logistics lah jawabannya.

#LJRLOGISTICS

#LOGISTIKJAKARTA

#EKSPEDISIMURAH

#WAREHOUSEJAKARTA

#PERGUDANGANJAKARTA

Sumber:

  1. https://ljrlogistics.com/
  2. http://sironline.id/
  3. https://ekonomi.bisnis.com/
  4. https://journal.itltrisakti.ac.id/
  5. https://supplychainindonesia.com/
  6. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik – Vol. 04 No. 01, Maret 2017 (Wahyu Wibowo, Irwan Chairuddin)
  7. https://ekonomi.bisnis.com/
  8. https://media.neliti.com/
  9. https://finance.detik.com/

Leave a Reply