Backpacker dan ASUS ExpertCenter D300TA

Di rumah saya masih saja bercokol Desktop PC super lama yang kubeli pada akhir tahun 2011. Desktop PC rakitan itu saya beli di Harco Mangga Dua yang sampai sekarang pun saya sering kesana apabila membutuhkan sesuatu terkait komputer. Walaupun sudah tergolong usang, Desktop PC legendaris itu masih sayang juga untuk dikiloin. Saking sayangnya, Desktop PC itu masih sering saya bersihkan sesekali, mengingat jasanya yang besar untuk membantu meluluskan saya dari bangku kuliah.

Sesekali juga saya masih menggunakan Desktop PC itu. Meminjam istilah rutinitas untuk mobil, “cuman buat dipanasin”. Terkadang perangkat itu masih bisa digunakan untuk memutar koleksi CD film-film kesayangan atau terkadang saya memfungsikannya untuk menonton sepakbola dengan bantuan TV Tuner. Yang namanya Desktop PC tua, sering nge-freeze atau nge-lag saat sedang asyiknya bernostalgia memakainya adalah hal biasa dan membuat saya menahan tawa.

Nah, singkat cerita, saya yang hobbynya backpackeran ini sering diminta oleh para kenalan yang tersebar dalam jaringan profesi saya sebagai seorang marketer untuk menemani mereka bersama rombongannya untuk ngelayap ke negeri tetangga. Beberapa rekan bahkan sudah saya temani untuk berkunjung ke negeri jiran, akan tetapi beberapa dari mereka akhirnya menyarankan saya untuk membuat jasa open trip kecil-kecilan dahulu untuk mengajak beberapa kenalan dekat yang belum kesampaian jalan-jalan ke luar negeri.

Atas usulan itu, beberapa bulan sebelum pandemi, saya sempat membuka diri dan menawarkan jasa open trip sebatas untuk para kenalan saja. Bahkan sudah ada beberapa komunitas yang bersedia menggunakan jasa saya untuk menemani mereka walau sebatas keliling di kawasan Asia Tenggara. Tetapi karena pandemi COVID-19 melanda pada awal tahun 2020, impian itu untuk sementara tertunda. Keinginan saya untuk membeli desktop PC demi menjalankan jasa ini pun ikut tertunda.

Tetapi kini rencana vaksinasi nasional sudah semakin dekat. Bahkan beberapa negara dunia siap membuka pintu gerbangnya pasca vaksinasi. Hal itu tentu menjadi kabar membahagiakan bagi saya yang gemar dengan dunia backpacker. Saya sih optimis, seusai vaksinasi, dunia pariwisata akan kembali menggeliat. Jika pertengahan tahun 2021 nanti, vaksinasi secara nasional dilakukan tentu peluang untuk menjalankan jasa open trip ini akan kembali terbuka. Gegara asumsi ini, keinginan saya untuk memiliki Desktop PC baru pun kembali terpikirkan.

Untuk menjalankan usaha rintisan tentu tidak mungkin jika saya memanfaatkan Desktop PC tua tersebut. Tentu pekerjaan akan menjadi tidak produktif. Selain itu, Desktop PC tua akan membutuhkan biaya maintenance yang lebih. Hal ini didukung dengan sebuah fakta bahwa berdasar penelitian yang dilakukan J.Gold Associates, LLC di 16 negara, disimpulkan bahwa menggunakan PC lama akan memiliki banyak kelemahan seperti proses boot yang bisa menghabiskan waktu hingga 11 jam per tahun, mengurangi produktivitas karyawan hingga 29% dan penyerapan biaya senilai 17.000 dolar Amerika per karyawan.

Jadi intinya saja deh, saya harus membeli komputer baru dong?….Ya, iyalah tentunya.

Desktop PC ASUS ExpertCenter D300TA (sumber: https://www.asus.com/)

Nah, beberapa waktu lalu saya begitu tertarik dengan segera hadirnya Desktop PC yang dirancang khusus untuk bisnis baik untuk skala UMKM hingga skala besar yang didesain oleh ASUS. Adalah Desktop PC ASUS ExpertCenter D300TA yang merupakan PC handal, dengan konstruksi yang solid dan dikombinasikan dengan komponen dan fitur keamanan yang tinggi.

Kehandalan

Mengusung istilah “Tower” maka casing Desktop PC keluaran ASUS ini mampu menampung ukuran motherboard seperti Micro-ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX. Tentu hal ini sangat cocok untuk pribadi yang antusias dengan hardware komputer. Aku sih ga begitu mahir dalam upgrade Desktop PC, tetapi tidak dengan partner kerja saya yang hobby otak-atik komputer.

Untuk menambah nilai Cost To Ownership (CTO), ASUS merancang ExpertCenter D300TA agar mudah di-upgrade dan diganti setiap komponennya oleh si pemilik. Desktop PC ini memiliki slot ekspansi yang beragam sehingga dapat mengikuti kebutuhan bisnis di masa depan. Jika bisnis semakin berkembang dan membutuhkan kinerja desktop PC yang lebih tinggi maka si pemilik tinggal melakukan upgrade saja. Secara keseluruhan ExpertCenter D300TA dapat menampung tiga media penyimpanan, memiliki ruang ekstra untuk kartu grafis dan dapat dipasangi WiFi card.

Selain sifat dinamisnya yang upgradable, ExpertCenter D300TA juga ini bisa dibeli dengan harga terjangkau. Di pasaran, ASUS akan melepas ExpertCenter D300TA dengan harga Rp 8.499.000. Ya, buat saya, harga itu masih bisa dikejar dengan menabung sih….Hihihi.

Keamanan

Salah satu yang sering menjadi kegelisahan pelaku bisnis rintisan adalah lokasi kerja yang keamanannya tidak dapat diprediksi. Tak sedikit kabar yang memberitakan beberapa perkantoran skala kecil dan menengah sering kehilangan uang dan peralatan di bagian front desk. Tetapi saya sedikit antusias dengan ExpertCenter D300TA karena perangkat ini memiliki fitur keamanan yang bisa meminimalisir resiko dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. ExpertCenter D300TA ini dilengkapi dengan Kensington Security Slot dan Padlock Slot Prevent.

Berencana memulai bisnis, saya tentu akan sedikit berhemat dengan barang modal. Ide yang ada dalam pikiran saya bahwa di awal bisnis nanti saya hanya memaksimalkan satu Desktop PC. Oleh karenanya, penggunaan Desktop PC secara bergantian adalah keniscayaan. Penggunaan secara bergantian tentu juga beresiko atas beberapa data penting yang penggunaannya hanya untuk keperluan pribadi dan penuh privasi.

Tapi sepertinya, saya tidak perlu khawatir secara berlebihan karena ExpertCenter D300TA  dilengkapi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM) yang menyimpan password dan kunci enkripsi secara lebih aman. Inilah keuntungan dari Windows 10 yang dilengkapi dengan fitur Windows Hello yang memiliki spesifikasi supaya pengguna bisa menggunakan fitur Trusted Platform Module. TPM sendiri adalah perangkat dedicated chip yang berfungsi untuk menyimpan informasi kriptografi seperti password. Jadi Windows Hello ini akan menyimpan informasi login (username dan password) bukan pada disk karena hal tersebut tentu akan beresiko.

Fitur keamanan berikutnya adalah Asus Business Manager, yang memungkinkan pengguna memperbarui BIOS, membuat file cadangan dan pemulihan, mengaktifkan fungsi perlindungan hard disk, mengunci USB dan DVD-RW dan berguna untuk membaca atau mentransfer data dari media lain. Sehingga fitur ini akan membantu saya untuk menghindari pencurian data dan kejahilan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa saja memasukkan virus berbahaya ke dalam Desktop PC kantor saya nanti.

Dan terakhir adalah ASUS Control Center yang akan membantu perusahaan untuk memenuhi tuntutan dunia IT modern. ASUS Control Center adalah software manajemen IT terpusat. Fitur ini adalah bentuk remote management terhadap software dan hardware, hingga task scheduling.

Kensington Security Slot dan Padlock Slot Prevent, Trusted Platform Module, Asus Business Manager dan ASUS Control Center adalah empat fitur keamanan milik ExpertCenter D300TA yang lebih dari cukup untuk menjaga keamanan usaha rintisan seperti bisnis yang akan saya mulai.

Ketahanan

Tingkar ketahanan ExpertCenter D300TA (sumber: https://www.asus.com/)

Yang namanya perusahaan rintisan, maka kemungkinan untuk sering berpindah kantor adalah keniscayaan. Oleh karenanya, Desktop PC yang harus saya beli ini haruslah tahan banting. Karena memanfaatkan sumberdaya perangkat yang terbatas maka Desktop PC ini tentu menjadi andalan utaman untuk kegiatan administratif kantor. Untuk menjaga keawetan maka perangkat andalan ini harus tahan benturan ketika harus berpindah-pindah ruangan. Guncangan kecil yang tak terhindarkan atau kecelakaan kerja sehari-hari yang mungkin terjadi, tentu akan membahayakan data yang sangat berharga.

Nah, kabar baiknya ExpertCenter D300TA sudah diuji dan masuk dalam standar militer AS MIL-STD-810G setelah melalui serangkaian pengujian super ketat. Komputer ini tahan terhadap enam guncangan keras dengan kecepatan 150G/2.5ms, tahan getaran 5-500 Hz selama satu jam ke segala arah dan Bertahan 50°C dengan power menyala selama 20 jam.

Konektivitas

Konektivitas ASUS ExpertCenter D300TA (sumber: https://www.asus.com/)

Karena akan digunakan bersama-sama antar staff di tahun pertama perintisan bisnis maka desktop PC ini harus kaya akan konektivitas. Kabar baiknya, ExpertCenter D300TA dilengkapi dengan multi port. Selain HDMI dan USB Type-A, terdapat juga port VGA dan LAN di bagian panel belakang. ASUS menyematkan beberapa port di bagian panel depannya, yaitu USB Type-A dan dua 3.5mm audio port.

Kelengkapan Port I/O ini tentu akan membuat ExpertCenter D300TA siap terhubung dengan berbagai peripheral untuk keperluan bisnis. Desktop PC ini juga dilengkapi dengan port serial dan paralel yangsangat fleksibel pada sasis dan membuat lebih banyak ketersediaan slot PCI Express untuk peningkatan tambahan.

Performa

Dunia bisnis modern yang mengutamakan kecepatan respon harusnya ditanggapi dengan persiapan serius oleh setiap pelaku bisnis. Jika ingin bisnis rintisan bisa bertahan di tengah persaingan yang sengit, maka saya juga harus berfikir keras untuk menyiapkan perangkat administrasi yang bisa diajak berlari dengan kencang dalam menyelesaikan kegiatan administratif dan jenis kegiatan lainnya.

Soal performa, ExpertCenter D300TA telah menggunakan chipset Intel H410 yang kompatibel dengan jajaran prosesor Intel® Core™ Generasi ke-10 yang mutakhir dari i3-10100 hingga i7-10700. Prosesor dengan codename Comet Lake ini memiliki clock speed super kencang hingga 5,3GHz pada mode Thermal Velocity Boost.  Label H menandakan bahwa prosesor ini dirancang untuk performa tinggi seperti laptop yang ditujukan sebagai perangkat khusus untuk pembuatan konten.

ExpertCenter D300TA juga didukung dengan konfigurasi RAM DDR4 hingga 8GB, 2TB HDD dan 512GB SSD. Bagi yang memerlukan performa grafis ekstra untuk memenuhi tugas-tugas visual, ASUS juga bersiap diri dengan opsi kartu grafis hingga NVIDIA GeForce GTX 1650.

Berorientasi Lingkungan dan Ekonomis

Hampir semua bisnis saat ini dituntut untuk mengikuti tren pelanggan yang menghendaki setiap produsen untuk memperhatikan kelestarian lingkungan. Apabila produsen tidak bisa mengikuti tren ini, bisa dipastikan masa depan penjualan produknya akan mengalami kesulitan.

Begitu juga dengan bisnis travel yang ingin saya geluti. Saat ini telah berkembang konsep zero waste travel yang menghendaki setiap pelaku bisnis ini tidak menghasilkan sampah yang merugikan lingkungan. Dalam konteks lain, kelestarian lingkungan dalam berbagai bisnis ini bisa diwujudkan dalam efesiensi penggunaan energi.

Nah, demi masa depan berkelanjutan, ExpertCenter D300TA juga menerapkan persyaratan lingkungan yang ketat di semua tahap siklus hidup produk dan mengoptimalkan penggunaan energi untuk menurunkan biaya pengoperasian dalam jangka panjang.

Untuk memastikan efisiensi tinggi dalam konsumsi daya, ExpertCenter D300TA menggunakan kapasitor kelas atas. Catu daya ini memiliki sertifikasi 80 PLUS® Perunggu yang menunjukkan bahwa energi terbuang secara minimum, yang kemudian akan menghasilkan lebih sedikit panas dan penghematan biaya jangka panjang. Ini menunjukkan bahwa Desktop PC ini siap digunakan untuk pekerjaan apapun. Wah keren ya?

Oleh karenanya, perangkat ini merupakan perangkat yang tepat untuk bisnis yang cerdas dan membantu setiap bisnis untuk bergerak menuju kesuksesan di masa depan.

#ASUSExpert

#BuiltforBusiness

Leave a Reply