Profesionalitas dan Fleksibilitas dalam Merintis Bisnis Online

Sejak internet masif digunakan masyarakat pada awal tahun 2000-an, dalam dua dekade kemudian lahirlah sederet pengusaha online muda Indonesia. Bahkan mereka menuai kesuksesan dengan merintis bisnisnya dari nol. Anda boleh membaca beberapa kisah tokoh muda tersebut untuk mendapatkan afirmasi. Sebut saja Rico Huang, Aulia Halimatussadiah, Cynthia Tenggara, Al Fatih Timur dan banyak lagi yang lainnya.

Akhir-akhir ini, bisnis online kembali menjadi perbincangan hangat. Bisnis online tumbuh menjamur seiring dengan kejadian luar biasa yang menimpa dunia, yaitu pandemi COVID-19. Ketika para pekerja berjibaku untuk mempertahankan pekerjaannya yang rawan terdampak Pemutusan Hubungan Kerja, ternyata di sisi lain, banyak kalangan yang lebih memilih menjalankan bisnis online untuk bertahan hidup. Dan ternyata, tak sedikit diantaranya yang mampu meraih kesuksesan dalam bisnis yang mereka geluti.

Bahkan ketika pandemi nanti usai, diprediksi bisnis online tetap akan bertumbuh untuk memenuhi gaya hidup konsumen urban yaitu one stop shopping melalui online. Kesibukan masyarakat urban mendorong semuanya terjadi demikian. Hal ini mendorong sebuah dengan fakta bahwa pertumbuhan bisnis online di Indonesia mencapai angka 17% per tahun.

Kunci utama yang membuat bisnis online mengalami kemajuan pesat adalah terhubungnya produsen, distributor dan konsumen dengan internet. Internet tidak hanya menjadi kebutuhan perkantoran tetapi juga memiliki peran besar dalam kegiatan berbelanja harian masyarakat. Dengan internet, kegiatan berbelanja secara online bisa dilakukan dengan mudah.

Bisnis online memang banyak dijalankan orang untuk menambah penghasilan. Biasanya mereka melakukannya sebagai usaha sampingan sembari tetap menjalankan pekerjaan utamanya. Tentu hal ini sah-sah saja. Tetapi tidak sedikit juga di antara mereka yang akhirnya lebih memilih menjalankan bisnis onlinenya secara totalitas. Bisnis online bukan lagi dimanfaatkan seseorang untuk mencari penghasilan tambahan, melainkan mulai digeluti sebagai mata pencaharian utama. Kini bisnis online telah menjadi peluang besar.

Lalu bagaimana seseorang bisa sukses menjalankan bisnis onlinenya?.

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis online, kita hendaknya mencontoh dari apa yang sudah dilakukan oleh para pebisnis diatas. Dari kisahnya, mayoritas dari mereka memulai bisnisnya dengan sesuatu yang terkait dengan hobby atau passion. Pengusaha yang sudah tahu apa passionnya, biasanya akan memiliki mimpi besar untuk mencapai passion pada level tertingginya. Usaha yang dilakukan dengan dasar hobby akan menjamin bahwa pebisnis menjalankan bsinisnya dengan fokus dan penuh kebahagiaan, akan terhindar dari rasa putus asa, terjamin akan menjalankannya dengan penuh kesabaran dan rela memulainya sendirian pada awal-awal pelaksanaan bisnis.

Dengan mengurusnya sendiri di awal usaha, tentu tidak akan ada banyak fixed cost yang harus dikeluarkan, contohnya adalah gaji karyawan. Pemilik bisnis hanya perlu berfokus pada pengadaan barang, biaya operasional, dan biaya administrasi.

Baru kemudian, setelah bisnis onlinenya berkembang dan memiliki cashflow yang memadai, maka pengusaha online mulai bisa melakukan perekrutan karyawan untuk memperbesar skala bisnis. Tentu strategi ini akan mengalami pengecualian ketika pengusaha online memiliki investor di tahap awal.

Sesuai dengan konteks online, maka pengusaha harus menguasai banyak linimasa pada beberapa media sosial atau platform berbasis web. Karena keduanya adalah media utama dalam pengembangan bisnis ini.

Dan walaupun bisnis online berbeda dengan bisnis kantoran, tetap saja di dalam aktivitasnya, pengusaha online akan terhubung dengan klien atau pelanggan, dengan para pengusaha lain,  dengan supplier atau dengan pihak lainnya melalui aktifitas offline.

Untuk mencapai kesuksesan, bisnis online harus memperhatikan hubungan interpersonal yang tinggi karena pada dasarnya bisnis ini berbasis pada kepercayaan. Sebagai contoh pada toko online, untuk meningkatkan kualitas hubungan ini, toko online harus konsisten meningkatkan pengiriman tepat waktu, melakukan packaging yang baik, menerapkan promo menarik pada momen yang tepat, aktivitas administratif yang cepat, mudah dihubungi pelanggan, dan mengembangkan aktivitas lain yang mendukung pengembangan toko online tersebut.

Dalam aktivitas korespendesi misalnya, pemilik bisnis online jenis apapun harus cepat dalam merespon pesanan pelanggan, mencetak berkas pengiriman dengan baik dan profesional, mencetak kartu ucapan untuk pelanggan setia pada momen-momen penting. Sedangkan dalam hal administratif, walaupun bisnis yang dijalankan bersifat online, pelaku bisnis online harus tetap berdisiplin dalam mengcopy invoie atau memindai dokumen-dokumen penting lain untuk keperluan dokumentasi.

Oleh karenanya, setiap bisnis online membutuhkan perangkat pendukung yang fleksibel. Kenapa harus fleksibel?. Sebuah bisnis online di tahap awal pengembangan, menghendaki pemiliknya untuk bergerak cepat dan dinamis. Mobilitas yang tinggi menemui supplier, investor, klien atau pihak ketiga lainnya harus diimbangi dengan kecepatan yang baik dalam menyelesaikan kegiatan administratif dan pemasaran lainnya. Karena tuntuan ini, hendaknya perangkat yang dimaksud harus bisa digunakan atau bahkan bisa dibawa kemana saja. Selain itu, perangkat ini harus bisa memindahkan fungsi kantor sebagai pusat administrasi ke dalam rumah. Tentu perangkat standard yang saya maksud dalam hal ini adalah laptop dan printer.

Dan khusus untuk printer, dari sekian banyak varian yang beredar di pasaran. Ada sebuah varian printer yang bisa memenuhi beberapa kebutuhan diatas. Adalah Printer HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One yang bisa mendukung beberapa kegiatan utama bisnis online, sepertifungsi administratif, fungsi pemasaran dan fungsi korespondensi.

Medukung fungsi administratif, Printer HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One memiliki tiga fungsi utama yaitu mencetak (print), menyalin (copy) dan memindai (scan). Ketiga fungsi yang tersemat dalam perangkat ini telah membuat printer ini menjadi pilihan tepat para perintis bisnis online. Ditambah lagi dengan harganya yang terjangkau, menjadikan printer ini sangat ramah guna bagi para perintis bisnis.

Printer ini juga memiliki sifat fleksibilitas karena bisa dibawa kemanapun saking ringannya. Dengan beratnya yang hanya 3,42 kilogram, membuat printer HP DeskJet Ink Advantage 2337 All-in-One tidak membutuhkan banyak ruang di kendaraan atau di meja kerja rumah. Hal ini tentu sesuai dengan visi pembuatan printer ini yaitu “Perfect for Home”.

Secara kualitas, printer ini mampu menghasilkan cetakan teks yang sangat jelas dan gambar yang hidup. Tentu hal ini bisa memfasilitasi setiap pebisnis online yang mengharuskan mencetak kartu ucapan, foto produk ataupun promo sekalipun. Bahkan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak, printer ini memiliki print speed up hingga 7.5 ppm (black) dan 5.5 ppm (colour).

Aksesibilitas printer ini juga sangat baik karena bisa terhubung langsung dengan smartphone melalui Aplikasi HP Smart yang memungkinkan siapapun mencetak langsung dokumen dari smartphone. Sedangkan koneksi dengan komputer difasilitasi dengan 1 Hi-Speed USB 2.0 yang ringkas dan sederhana.

Inilah printer multifungsi yang didistribusikan secara resmi oleh Era Supplies Indonesia untuk membantu mensukseskan para pebisnis.

Akhirnya bisnis online yang dirintis harus tetap dijalankan secara smart dan professional. Selamat berbisnis!

Leave a Reply