Blogging: Cara Produktif Memanfaatkan Internet

Hasil survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa lebih dari tujuh puluh persen penduduk bangsa Indonesia telah memanfaatkan internet. Itu menjadi sebuah bukti bahwa internet telah mengambil peran penting dalam kehidupan masyarakat. Tentu saja tujuan pemanfaatan internet ini memiliki sejumlah variasi bagi penggunanya. Dalam konteks inilah, pengguna internet bisa memposisikan dirinya. Apakah mereka hanya memilih menjadi pengguna pasif atau justru memilih menjadi pengguna aktif?.

Pengguna pasif secara umum akan menjadi obyek dan berperan sebagai penikmat beragam produk yang dialirkan melalui jaringan internet, baik produk sosial media, penetrasi komersial, aliran informasi, prasaran politis, kumpulan ilmu pengetahuan dan masih banyak lagi produk lainnya.

Sedangkan pengguna aktif akan memposisikan dirinya menjadi pengguna yang produktif dan mengambil peluang. Selain menjadi penikmat maka mereka juga mengkreasikan berbagai macam produk yang akan memberikan pengaruh pada masyarakat melalui internet. Pengguna aktif akan bersikap agresif dalam melakukan penetrasi komersial, menciptakan informasi dan membuat kanal-kanal pengaruh dalam masyarakat.

Sebetulnya dengan keterbatasan apapun, menjadi produktif di dunia maya tidak harus telebih dahulu menjadi bagian dari sebuah entitas yang besar dalam ukuran, mapan dalam modal dan kuat dalam pengaruh. Menjadi individu yang produktif bisa dimulai dari tingkat perorangan yang tentunya bisa dilakukan dengan biaya yang sangat terjangkau dan alokasi waktu yang bisa diatur secara mandiri.

Dalam hal ini, skema termudah yang bisa dan biasa dilakukan oleh banyak individu adalah memanfaatkan jasa hosting dan mulai membuat laman pribadi. Sedangkan laman pribadi yang paling jamak dipakai oleh banyak orang adalah blog.

Blog saat ini telah menjadi media yang atraktif dan efektif untuk mencitrakan diri, berbagi ide dan pendapat serta bercerita tentang pengalaman diri kepada khalayak. Blog juga memudahkan pemilik untuk menyampaikan ide dalam tema-tema khusus, seperti kuliner, fashion, gaya hidup, kecantikan, buku hingga traveling.

Dalam jumlah yang tidak sedikit, blog telah mengantarkan seseorang menuju kesuksesan. Dunia blogging telah melahirkan tokoh-tokoh yang tidak hanya sukses secara materi, bahkan mereka menjadi terkenal dan bertransformasi menjadi public figure yang tidak hanya diidolakan oleh kaum milenial tetapi juga oleh semua kalangan. Blog dalam jangka pendek telah memainkan peran dalam self-marketing dan dalam jangka panjang telah menciptakan self-branding. Dan perlu digarisbawahi bahwa tidak hanya profit yang bisa disasar dalam blogging tetapi kegiatan amal dan sosial pun bisa menjadi sasaran akhir.

Tentu bukan perkara mudah untuk berada pada posisi puncak. Blogging adalah aktivitas dunia maya yang membutuhkan konsistensi dan persistensi. Melalui dua sikap itulah, secara bertahap kreativitas akan berkembang dari waktu ke waktu. Semakin konsisten dalam memproduksi konten maka lalu lintas pembaca dalam blog akan meningkat. Lalu lintas (traffic) inilah yang akan menjadikan pemilik blog memiliki bargaining position dalam bisnis yang terkait dengan konten yang mereka buat.

Blogging merupakan aktivitas yang berdasar pada pemanfaatan internet yang menawarkan beberapa kemudahan. Seorang blogger bisa bekerja dimana saja tanpa batasan tempat dan mereka bisa terbentuk dari kalangan mana saja. Bahkan beberapa blogger yang masih bekerja pada sebuah entitas tertentu juga mendapatkan fleksibilitas. Peran internet menjadikan blogger bisa bekerja dengan leluasa walau sudah berada di luar jam operasional kantor. Internet kini sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari gaya hidup manusia modern.

Selain fleksibilitas, secara tidak langsung blogging akan mengembangkan banyak life skill lain. Communication, creativity, critical thinking dan creativity  adalah kemampuan Abad 21 yang akan didapatkan jika seseorang dengan konsisten menjalani blogging. Selain kemampuan Abad 21, blogging juga akan membantu meningkatkan literasi masyarakat melalui konten-konten yang menarik. Tentu semua kalangan berharap bahwa literasi bangsa Indonesia bisa dikembangkan dengan blogging sehingga Indonesia bisa menyejajari literasi bangsa-bangsa maju di dunia.

Secara persyaratan, blogging juga sangat mudah dimulai oleh siapapun. Hal ini dikarenakan jasa hosting sebagai platform dalam membangun blog sangat banyak di Indonesia. Saat ini banyak sekali jasa Hosting Indonesia beserta pembuatan domain dengan harga terjangkau. Penyedia hosting pun telah mendesain supaya para pengguna dari berbagai kalangan bisa membuat dan membangun blognya dengan mudah.

Rendy Maulana Akbar, CEO PT. Qwords Company Internasional mengatakan bahwa membuat blog atau web tidaklah susah seperti zaman dahulu. Dia juga mengatakan bahwa jasa hosting yang disediakan Qwords tidak hanya menyasar pasar Indonesia, tetapi juga dunia. Hal ini dikarenakan jasa hosting sudah sangat banyak dan bersaing di pasar internasional. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah blog, Qwords menyediakan layanan Hosting Murah dengan biaya dimulai dari harga Rp. 14.500 per bulan dan pembuatan domain dari harga 29.000 per tahun.

Dari ulasan diatas, bahwa untuk meningkatkan produktivitas, kualitas dan nilai tambah dalam pemanfaatan internet maka tidak ada salahnya jika setiap dari kita mulai mencoba sebuah laman pribadi. Aktivitas pun bisa dimulai dengan menuangkan cerita-cerita ringan. Aktivitas ini selain secara sederhana bisa berfungsi sebagai memoar, tetapi seiring berjalannya waktu maka semua ide dan pikiran yang kita tuangkan akan menjadi sebuah investasi yang bermanfaat untuk masyarakat.

Dan pada akhirnya, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat internet menjadi lebih berharga demi kesuksesan bersama. Internet bisa memberikan nilai tambah dalam masyarakat. Beruntungnya, Internet tidak mensyaratkan seorang digital native untuk bisa menguasainya, karena semua kalangan bisa dengan mudah menguasai internet dan mengarahkannya demi pengembangan masyarakat, bangsa dan negara.

Jadi tungggu apa lagi. Mari jangan berhenti berkarya!

#OnlineinAja

#LangkahBaru

#LombaBlogQwords

7 thoughts on “Blogging: Cara Produktif Memanfaatkan Internet

Leave a Reply