Mengunjungi Kesederhanaan Phnom Penh, Kamboja (Part 2)

<—-Kisah Sebelumnya

7 Januari 2015

Setelah bermalam di Top Banana Guesthouse & Rooftop Bar, Gw dapat merasakan suasana pagi Cambodia di sekitar guesthouse.

Situasi sekitar guesthouse

Suasana lengang pagi hari di sekitar guesthouse

Setelah mandi dan packing gw breakfast di bar guesthouse:

Bar Top Banana

Tinggal pilih makan atau minum apa….hayo lengkap nih

Tidak berlama-lama Gw bergegas menuju ke venue. Gw akan mengunjungi dua venue utama di Phnom Penh. Batasan waktu Gw adalah jam 14:30, sebab itu adalah waktu Bus Mekong Express akan berangkat dari Phnom Penh, Cambodia ke Ho Chi Minh City, Vietnam.

Untuk menghemat waktu, Gw memutuskan menyewa jasa Tuk Tuk sebesar USD 20 untuk mengunjungi dua venue dan terakhir akan mengantarkan Gw ke pool bus Mekong Express. Sebagai informasi, awalnya pemilik Tuk Tuk menawarkan jasa sebesar USD 25 tetapi Gw bisa menawar ke harga USD 20.

Okay trip dimulai….Tuk Tuk berjalan ke arah selatan sejauh 17 km. Setelah melewati jalanan berdebu selama 45 menit, Gw sampai di:

1. Choeung Ek Genocidal Center

100_2199

Pintu gerbang

100_2198

Bangunan tempat penyimpanan tengkorak-tengkorak korban, alat-alat yang digunakan untuk pembantaian dan beberapa seragam tersisa dari tentara Khmer Merah dan baju-baju korban.

Venue ini adalah lokasi pembantaian warga Cambodia oleh pemimpinnya sendiri, Pol Pot. Menurut data dari tempat ini mengatakan bahwa 1 diantara 4 warga Cambodia dibunuh oleh Pol Pot.

Biaya masuk mandiri adalah USD 3. Kamu akan mendapatkan head set yang menyediakan berbagai pilihan bahasa untuk mendengar penjelasan tentang setiap spot yang akan kamu kunjungi. Dan Gw memilih bahasa pengantar Melayu supaya memudahkan diri untuk memahami seluk beluk tempat ini.

100_2164

Setiap pengunjung akan fokus masing-masing dengan head set nya. Beberapa menangis sesenggukan sendirian.

Bahkan Gw lihat ada turis Aussie menangis tersedu-sedu karena mendengar ada warga negara Aussie yang ikut menjadi korban.

Killing Fields2

Di setiap spot akan disediakan nomor audio dan kamu tinggal sesuaikan dengan nomor di remote.

Killing Fields3

Ini adalah korban yang ditemukan di kuburan masal di lokasi ini.

Killing Fields4

Konon pasukan Khmer Merah menyalakan lagu/musik dengan kencang di pohon ini untuk menutupi suara penyiksaan dan pembantaian.

Killing Fields5

Sisa tulang belulang dan gigi korban yang sering terlihat ketika musim penghujan.

Gw ga bisa ceritain satu-persatu ya gaes…..Semoga kalian yang belum sempat kesana, ada kesempatan dan rezeqi buat mengunjungi tempat ini di lain waktu.

Selepas berkeliling tempat ini hampir 1,5 jam, Gw sempat mondar mandir nyariin sopir tuk tuk yang nungguin entah dimana. setelah 15 menit mencari akhirnya ketemu juga. Lebih baik Kamu janjian ketemu dimana apabila kalian akan menggunakan jasa tuk tuk.

Tujuan selanjutnya berada di sebelah utara sejauh 12 km dan tuk tuk menempuhnya selama 30 menit. Inilah tempatnya:

2. Genocide Museum Tuol Sleng

Tuol Sleng1

Bagian depan bekas sekolah yang dijadikan museum oleh pemerintah Cambodia.

Tiket masuk museum ini USD 3. Tempat ini adalah penampungan sementara para korban sebelum di eksekusi di Choeung Ek Genocidal Center. Selama masa menunggu itu para tahanan akan dipekerjakan paksa oleh pemerintah Khmer Merah. Para korban umumnya adalah warga yang berseberangan pemikirannya dengan pemerintah Khmer Merah dibawah pemimpin Pol Pot.

Tuol Sleng4

Terenyuh melihat wajah ibu beserta anaknya, mereka berdua adalah calon korban yang terlihat baru masuk penjara dan didata.

Tuol Sleng3

Ruang tahanan beserta borgol kaki untuk tahanan.

Didalam tahanan ini tentunya identik dengan penyiksaan. Tapi gw ga perlu tampilkan gambarnya ya gaes….kagak tega.

Di bagian akhir dari museum ini ada beberapa penjual buku-buku tentang Pol Pot dan kisah beberapa orang survivor yang selamat dari tragedi ini walaupun sudah dijadwalkan untuk di eksekusi.

Okay….waktu semakin mendekat ke arah jam 14. Saatnya Gw harus menuju pool bus Mekong Express untuk menuju Ho Chi Minh, Vietnam.

Pool bus berjarak 5 km di utara museum ini. Perlu waktu 20 menit menuju kesana. Bahkan awalnya sopir tuk tuk tidak tahu dimana letak pool Mekong Express. Gw coba bantu menunjukkan di peta, tetap dia belum ngerti. Akhirnya Gw nanya ke salah satu warga disana dan Alhamdulillah ada satu warga yang tahu dan menunjukkan dimana letaknya kepada sopir tuk tuk ini.

Begitu sampai, sopir tuk tuk minta tambahan tip USD 2. Ya gw kasih aja lah….kasian juga lihatnya.

100_2240

Pool Mekong Express di National Highway 5. Terlihat kota-kota tujuan bus.

Ketika masuk ke kantor Mekong Express….si ibu yang bertugas dengan pedenya nanyain Gw pakai Bahasa Kamboja….bengong Gw….dia sampai nanya tiga kali. Gw bilang aja turis dan sudah pesan via email sambil menunjukkan paspor. Dia ketawa dan minta maaf ke Gw karena muka Gw mirip orang Kamboja katanya…jadi akrab sama si Ibu karena hal ini.

Mekong Express Email

Tiket Gw pesan di Jakarta seharga USD 14/penumpang

Sambil menunggu bus yang akan berangkat satu jam lagi. Gw putuskan untuk makan siang di warung tenda seberang jalan di depan pool. Gw makan sup ikan plus nasi seharga USD 1….murah kan gaes.

Setelah selesai makan ya tentunya Gw berangkat menuju Vietnam.

Mekong Express

Tuh….bus sudah siap berangkat

Gw malah santai-santai di depan pool. Padahal bus sedang boarding di belakang pool. Gw fikir bus akan boarding di depan pool. Pas Gw masuk bus….Ibu yang ngurusin tiket Gw tadi bilang….”Kemana aja kamu, Aku nyariin dari tadi”, sambal tersenyum dan menepuk-nepuk pundak Gw….””I’m sorry mam…I’m at the front”.

Perjalanan Gw masuk meninggalkan Phnom Penh dan menuju Ho Chi Minh akan Gw ceritakan terpisah ya gaes…..

4 thoughts on “Mengunjungi Kesederhanaan Phnom Penh, Kamboja (Part 2)